Pernahkah Anda berpikir betapa pentingnya mengintegrasikan aktivitas toko online dan offline dalam bisnis Anda? Terlepas dari seberapa besar atau kecil usaha Anda, menghadirkan pengalaman belanja yang terpadu bagi pelanggan bisa menjadi kunci sukses dalam dunia bisnis yang semakin terhubung.
Mari kita bahas dua hal penting yang bisa memengaruhi kesuksesan bisnis Anda dalam menggabungkan toko fisik dan online: Perceived Information Integration (PII) dan Perceived Fulfillment Integration (PFI). Ini adalah istilah yang mungkin terdengar canggung, tetapi konsepnya sangat sederhana.
PII adalah tentang bagaimana pelanggan melihat sejauh mana informasi Anda terintegrasi di semua saluran, baik itu offline atau online. PFI adalah sejauh mana pelanggan merasakan kemampuan Anda untuk menyediakan dukungan layanan yang konsisten di semua saluran tersebut.
Mengapa penting? Karena jika Anda tidak konsisten dalam memberikan informasi dan layanan di semua saluran, pelanggan Anda mungkin akan melirik ke tempat lain. Bayangkan jika informasi produk di situs web Anda tidak lengkap dibandingkan dengan di toko fisik, atau sebaliknya. Pelanggan mungkin akan bingung dan memilih untuk tidak berbelanja sama sekali. Itu pasti bukan yang Anda inginkan, bukan?
Jadi, bagaimana Anda bisa menghindari hal ini? Berikut adalah beberapa tips teknis yang bisa membantu Anda mengintegrasikan antara toko online dan offline dengan lebih baik:
Integrasi Informasi (PII)
Website & Media Sosial
- Pasang informasi lengkap tentang toko fisik di homepage, seperti alamat, jam buka, dan nomor telepon.
- Tampilkan promo toko fisik di situs web dan media sosial.
- Gunakan label harga offline pada produk online untuk menunjukkan konsistensi harga.
Toko Fisik
- Pasang QR code di rak produk yang mengarah ke halaman produk di situs web.
- Tampilkan informasi promo online di toko fisik, misalnya dengan poster atau spanduk.
Integrasi Pemenuhan (PFI)
Website
- Tawarkan opsi "Beli Online, Ambil di Toko" saat checkout.
- Informasikan stok produk yang tersedia di toko fisik.
- Promosikan layanan "Pengembalian Offline" untuk produk yang dibeli online.
Toko Fisik
- Sediakan kiosk atau terminal khusus di mana pelanggan bisa memesan produk yang kosong di toko tetapi tersedia online.
- Latih kasir untuk memberi tahu pelanggan tentang layanan integrasi saat pembayaran.
Keseimbangan Presentasi Informasi & Pemenuhan
- Desain ulang halaman produk agar informasi produk dan opsi pemenuhan memiliki bobot visual yang sama.
- Gunakan warna dan font yang konsisten saat menampilkan informasi dan opsi pemenuhan.
Hadapi 'Showrooming':
Showrooming adalah ketika pelanggan melihat-lihat produk di toko fisik tetapi membelinya online. Untuk mengatasi ini:- Berikan Wi-Fi gratis di toko dengan landing page yang mengarah ke situs web toko.
- Latih staf untuk membantu pelanggan membandingkan informasi produk online saat mereka berada di toko.
- Pastikan suasana toko Anda nyaman dengan pencahayaan yang baik dan fasilitas fitting room yang memadai.
Fang, J., Liu, H., & Li, Y. (2021, December 1). Balance cues of online-offline channel integration: Considering the moderating role of customer’s showrooming motivation. Information & Management; Elsevier BV. https://doi.org/10.1016/j.im.2021.103535
Komentar
Posting Komentar